Minggu, 03 Juni 2012

HAK PATEN

Nama : Dewi Handayani
Kelas: 2ID03
Npm : 39410977
Tugas : Hukum Industri

Studi Kasus Hak Paten


India sedang mempersiapkan perlawanan menghadapi paten atas obat diabet yang didasarkan pada tanaman dari India. Kantor Paten Amerika Serikat telah memberikan paten pada sebuah perusahaan farmasi Amerika Serikat atas obat yang dibuat dari terong dan pare. Menurut pemerintah India, kedua tanaman tersebut sudah ribuan tahun digunakan untuk menyembuhkan diabetes di India dan sudah terdokumentasi dalam banyak teks tentang tanaman obat di India.
Kantor Paten Amerika Serikat telah memberikan paten pada sebuah perusahaan farmasi Amerika Serikat atas obat yang dibuat dari terong dan pare. Padahal tanaman tersebut berasal dari Negara India. Sudah ribuan tahun dua tanaman tersebut digunakan untuk menyembuhkan diabetes di India dan sudah terdokumentasi dalam banyak teks tentang tanaman obat di India.
Hal ini menunjukan bahwa Negara Amerika Serikat telah mengambil hak paten dua tamanan tersebut dari Negara India. Seharusnya hal ini tidak dilakukan oleh Amerika Serikat karena sudah jelas bahwa tanaman tersebut berasal dari Negara Lain bukan dari Negaranya. Untuk menyelesaikan kasus tersebut, Negara India harus dengan cepat mempatenkan dua tanaman tersebut agar Amerika Serikat tidak berbuat seperti itu dan memberikan hukuman pada Amerika Serikat yang telah berusaha mengambil hak paten dari dua tanaman itu.


Tanggapan :
Hak Paten merupakan Hak khusus yang diberikan oleh seseorang, intansi,kelompok tertentu yang telah mengajukan hak paten terlebih dahulu, namun akhir-akhir ini untuk mendapatkan hak paten tersebut tidaklah mudah. Seperti contoh kasus diatas bukan hanya india saja yang memiliki hak paten akan tanaman terong dan pare yang dapat menyembuhkan penyakit
namun amerika sendiri sudah mematenkan penemuan tersebut, permasalahan ini menjelaskan secara gamblang bahwa hak paten mudah didpat apabila telah memenuhi berbagai persyaratan 
Jika dilihat dari masalah ini adalah siapa dulu yang mematenkan tanaman tersebut, bukan dimana tempat asal tanamanan tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar